Pasang Iklan Disini

Senin, 05 November 2012

Membuat Foto Menjadi Hitam Putih Tahap Lebih Tinggi

Setelah mengikuti tutorial ini diharapkan anda dapat membuat gambar seperti di bawah. foto manapun pasti
bisa asal mengikuti langkah-demi langkah cara-cara berikut ini.
Gambar hitam putih seperti contoh di atas merupakan bentuk sederhana dari sebuah obyek yang hanya mengandung dua unsur warna tegas yaitu hitam dan putih. Meski sederhana banyak juga yang tertarik dengan foto jenis ini. Lihat saja foto profil di facebook, tidak sedikit yang menggunakan foto artistik ini. Bahkan Presiden Amerika Barack Obama menggunakan gambar jenis ini sebagai icon dirinya dalam kampanye presiden beberapa tahun silam.

Sebenarnya banyak program instan yang menawarkan kemudahan untuk ini, baik online maupun offline. Tinggal masukkan ke aplikasi > klik sana sini > jadi deh. Tapi saya lebih suka photoshop, sebab proses pembuatannya semi otomatis
, masih ada campur tangan rasa dan imajinasi dari pembuatnya. So ada kepuasan tersendiri kalo menggunakan program ini.

Pada kesempatan ini, saya akan mengajak anda untuk membuat foto hitam putih artistik (menurut saya) dari sebuah foto menggunakan Photoshop. Pengetahuan tentang shortcut keyboard pada photoshop sangat disarankan untuk mempermudah proses kerja anda. 


Step 1

Buka foto yang akan di edit, tekan huruf F pada keyboard sebanyak 2x agar area kerja menjadi lebih luas. kemudian duplikat layer background Ctrl+J, langkah ini perlu dilakukan untuk cadangan jika dalam proses editing foto ini mengalami kesalahan dan photoshop tidak mampu mengembalikannya. Sampe disini sudah terbentuk layer baru bernama layer 1. Sembunyikan layer background dengan cara klik gambar mata disebelah layer.

Step 2

Pastikan layer 1 terpilih, tekan tombol Shift+Ctrl+U secara bersamaan atau bisa juga anda lakukan melalui menu Image > Adjustments > Desaturate. Hal ini menyebabkan layer yang terpilih menjadi hitam putih

Step 3

Masih pada posisi layer 1 terpilih, tekan Ctrl+J untuk menduplikat layer. Pilih layer hasil duplikat (layer 1 copy) rubah layer tersebut menjadi bentuk film negatif dengan menekan tombol Ctrl+I (Image > Adjustments > Invert)

Step 4

Ganti efek layer dari normal menjadi Hard Mix.

Step 5

Masih di layer 1 copy, pilih menu Filter > Blur > Gaussian Blur. Atur radiusnya menjadi 60 piksel atau terserah anda, sesuaikan dengan kebutuhan aja ya.

Nah selesai sudah, gimana sob mudah kan? hasilnya bisa anda lihat di gambar pertama tutorial ini.

1 komentar: